Minggu, 03 Januari 2010

Tugas Kelompok SIM

Pertanyaan :
1. Apa yang di maksud dengan SIA, Jelaskan!
2. Gambarkan model Sistem Informasi Akuntansi, Jelaskan!
3. Sebutkan 4 tugas pengolah data?
Jawaban :
1. Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.

2. Diagram Dasar

 [informasi.JPG]



Data yang diolah melalui suatu model menjadi informasi, penerima kemudian menerima informasi tersebut, melakukan keputusan berdasarkan informasi tersebut dan melakukan tindakan, yang berarti menghasilkan suatu tindakan yang lain yang akan membuat sejumlah data kembali. Data tersebut akan ditangkap kembali sebagai input, diproses kembali melalui suatu model dan seterusnya yang merupakan suatu siklus.
Analisis aliran data dilakukan untuk menganalisis aliran data apa saja yang terjadi, dan proses apa saja yang harus dilakukan pada perangkat lunak agar maksud dan tujuan dibuatnya perangkat lunak sistem komputer akuntansi dapat tercapai.


3.        1. Pengumpulan data. Setiap tindakan dijelaskan oleh suatu catatan data. Bila tindakan tersebut melibatkan elemen lingkungan disebut transaksi. Pelaku bisnis dan accounting umumnya hanya memperhatikan transaksi yang mempunyai nilai finansial.
2. Manipulasi Data. Data perlu dimanipulasi untuk dapat diubah menjadi informasi yang berguna. Operasi manipulasi data meliputi pengklasifikasian, Penyortiran, Perhitungan, dan pengikhtisaran.
3. Penyimpanan data. Terdapat banyak transaksi pada setiap perusahaan. Setiap transaksi dijelaskan oleh beberapa elemen data. Data tersebut perlu disimpan di suatu tempat dan harus dapat ditemukan dengan mudah bila data tersebut dibutuhkan.
4. Penyiapan Dokumen. SIA menghasilkan output untuk perorangan maupun organisasi di dalam maupun di luar perusahaan.


0 komentar:

Posting Komentar

 
HiduP Quwh...DuNia Quwh... © 2008. Template Design By: SkinCorner